Sunday, September 6, 2009

Aliran Naturalisme

AliranNaturalisme
Naturalisme merupakan corak atau aliran dalam seni rupa yang berusaha melukiskan sesuatu objek sesuai dengan alam (nature). Objek yang digambarkan diungkapkan seperti mata melihat. Untuk memberikan kesan mirip diusahakan bentuk yang persis, ini ertinya , keseimbangan, perspektf, pewarnaan dan lainnya diusahakan setepat mungkin sesuai mata kita melihat.
Tokoh-tokoh Naturalisme : Rembrant, Williamn Hogart dan Frans Hall di Indonesia yang menganut corak ini : Raden Saleh, Abdullah Sudrio Subroto, Basuki Abdullah, Gambir Anom dan Trubus.
Aliran Naturalisme dalam Filsafat erat hubungannya dengan realisme bahkan semua penganut naturalisme adalah juga penganut realisme, namun tidak semua penganut realisme adalah penganut naturalisme. Penganut naturalisme berpendapat bahwa satu-satunya dunia yang dapat dipercayai bersifat alami. Makna naturalisme secara khusus ada dua hal iaitu (1) hasil berlakunya hukum alam secara fizik. Misalnya, gerhana matahari merupakan gejala alami/ terjadi kerana akibat hukum gerakan benda angkasa. (2) terjadi menurut kudrat dan wataknya sendiri. Misalnya, orang mengatakan: “Secara alami, wajar jika ia berbuat demikian”. Jadi perbuatannya itu sesuai dengan kudrat atau wataknya sendiri (Kattsoff, 1992:115).

0 comments:

Post a Comment

 

Dark Hitman v.1.0 use By Me | Design by Mochal | Copyright 2008